Kompetensi Keahlian :
Dasar Kompetensi Kejuruan :
STANDAR KOMPETENSI dan KOMPETENSI DASAR
2. Merancang nirmana datar dan ruang
1. Memahami wawasan animasi
- Menjelaskan sejarah animasi
- Menggambarkan proses produksi animasi
- Menjelaskan teori dasar animasi dan sinematografi
- Menjelaskan unsur dan prinsip nirmana dua dan tiga dimensi
- Menjelaskan bahan dan alat dalam menciptakan nirmana dua dimensi dan tiga dimensi
- Membuat komposisi berdasarkan elemen estetis
- Menyusun komposisi wujud geometris dalam nirmana ruang
- Menyusun komposisi warna dalam nirmana datar
- Menjelaskan pengertian dan media sketsa
- Menggambarkan sketsa dengan objek benda, manusia, binatang, tumbuhan dan gedung
4. Menggambar bentuk
- Mendeskripsikan gambar bentuk-bentuk geometris
- Mendeskripsikan gambar anatomi binatang
- Mendeskripsikan gambar anatomi tumbuhan
- Mendeskripsikan gambar anatomi manusia
- Menggambar bentuk geometris, binatang, tumbuhan dan manusia
5. Menggambar teknik
9. Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan hidup (K3LH)
- Menjelaskan dasar-dasar menggambar proyeksi ortogonal
- Menggambar proyeksi ortogonal obyek geometri
- Menjelaskan dasar-dasar menggambar perspektif
- Membuat gambar perspektif satu titik mata
- Membuat gambar perspektif dua titik mata
6. Mengoperasikan komputer grafis dan animasi
- Menjelaskan prosedur penggunaan program photoshop
- Mengaplikasikan menu dan tool program photoshop
- Menjelaskan dasar-dasar penggunaan CTP/ Macromedia Flash
- Mengaplikasikan menu dan tool program animasi grafis
- Menjelaskan prosedur penggunaan program animasi grafis
- Mengaplikasikan menu dan tool program animasi grafis
7. Memahami prinsip menggambar animasi
- Menjelaskan prinsip menggambar animasi pose to pose dan timing
- Menjelaskan prinsip menggambar, prinsip animasi secondary action dan ease in and out
- Menjelaskan prinsip menggambar animasi anticipation dan follow through
- Menjelaskan prinsip menggambar animasi squash and stretch
- Menjelaskan prinsip menggambar animasi arcs and exaggaration
- Menjelaskan prinsip menggambar animasi appeal and personality
8. Menggambar karakter
- Menggambar karakter manusia
- Menggambar karakter binatang
- Menggambar karakter tumbuhan
- Menggambar karakter benda mati
- Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
- Melaksanakan prosedur K3
- Menerapkan konsep lingkungan hidup
- Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan
0 komentar:
Posting Komentar