Minggu, 08 Juli 2012

Teknik Komputer dan Informatika (2)

Bidang Studi Keahlian

PROGRAM STUDI KEAHLIAN

Kompetensi Keahlian :
  1. ANIMASI (073)

Dasar Kompetensi Kejuruan :


STANDAR KOMPETENSI dan KOMPETENSI DASAR

1.  Memahami wawasan animasi
  • Menjelaskan sejarah animasi
  • Menggambarkan proses produksi animasi
  • Menjelaskan teori dasar animasi dan sinematografi
2.  Merancang nirmana datar dan ruang
  • Menjelaskan unsur dan prinsip nirmana dua dan tiga dimensi
  • Menjelaskan bahan dan alat dalam menciptakan nirmana dua dimensi dan tiga dimensi
  • Membuat komposisi berdasarkan elemen estetis
  • Menyusun komposisi wujud geometris dalam nirmana ruang
  • Menyusun komposisi warna dalam nirmana datar
3.  Menggambar sketsa
  • Menjelaskan pengertian dan media sketsa
  • Menggambarkan sketsa dengan objek benda, manusia, binatang, tumbuhan dan gedung
4.  Menggambar bentuk
  • Mendeskripsikan gambar bentuk-bentuk geometris
  • Mendeskripsikan gambar anatomi binatang
  • Mendeskripsikan gambar anatomi tumbuhan
  • Mendeskripsikan gambar anatomi manusia
  • Menggambar bentuk geometris, binatang, tumbuhan dan manusia
5.  Menggambar teknik
  • Menjelaskan dasar-dasar menggambar proyeksi ortogonal
  • Menggambar proyeksi ortogonal obyek geometri
  • Menjelaskan dasar-dasar menggambar perspektif
  • Membuat gambar perspektif satu titik mata
  • Membuat gambar perspektif dua titik mata
6.  Mengoperasikan komputer grafis dan animasi
  • Menjelaskan prosedur penggunaan program photoshop
  • Mengaplikasikan menu dan tool program photoshop
  • Menjelaskan dasar-dasar penggunaan CTP/ Macromedia Flash
  • Mengaplikasikan menu dan tool program animasi grafis
  • Menjelaskan prosedur penggunaan program animasi grafis
  • Mengaplikasikan menu dan tool program animasi grafis
7.  Memahami prinsip menggambar animasi
  • Menjelaskan prinsip menggambar animasi pose to pose dan timing
  • Menjelaskan prinsip menggambar, prinsip animasi secondary action dan ease in and out
  • Menjelaskan prinsip menggambar animasi anticipation dan follow through
  • Menjelaskan prinsip menggambar animasi squash and stretch
  • Menjelaskan prinsip menggambar animasi arcs and exaggaration
  • Menjelaskan prinsip menggambar animasi appeal and personality
8.  Menggambar karakter
  • Menggambar karakter manusia
  • Menggambar karakter binatang
  • Menggambar karakter tumbuhan
  • Menggambar karakter benda mati
9.  Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan hidup (K3LH)
  • Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
  • Melaksanakan prosedur K3
  • Menerapkan konsep lingkungan hidup
  • Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan


0 komentar:

Posting Komentar